Bagi seorang ibu rumah tangga yang terkadang suka males memasak maupun rajin memasak pasti memiliki pekerjaan lain seperti bekerja di kantor atau menjadi pengusaha mungkin akan kesulitan dalam hal membagi waktu.

Sebisa mungkin sebagai ibu rumah tangga yang juga bekerja akan memaksimalkan waktu yang ada untuk mengurus rumah dan juga pekerjaan.

Dalam mengurus rumah, hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah ketersediaanya makanan untuk anak-anak dan juga suami.

Namun sering kali pekerjaan baik kantor maupun usaha akan menyita waktu sehingga tak dapat mempersiapkan makanan di rumah. Tenang saja! Ternyata ada solusi untuk menyiasatinya.

Nah kali ini Tim dari MalesMasak.com memberikan sedikit Tips Ampuh Memasak Praktis dan Cepat untuk Para Ibu Rumah Tangga yang Super Sibuk!

inilah 5 Tips Jitu Memasak Praktis dan Cepat untuk Ibu Rumah Tangga yang Sibuk

 

1. Rencanakan menu masakan setiap hari

Buatlah beberapa list menu yang tepat untuk seminggu ke depan. Dengan begitu bahan-bahan yang akan digunakan dapat dipersiapkan terlebih dahulu.

Jika tak dipersiapkan, akan membuang waktu untuk memikirkan menu apa yang akan dimasak dan juga bahan apa yang perlu dibeli.

2. Siapkan persediaan bumbu dasar

Meskipun terdengar sepele, tapi menyimpan persediaan bumbu dasar akan sangat membantu dalam meringkas waktu memasak.

Selalu sediakan bumbu dasar merah, bumbu dasar kuning, dan bumbu dasar putih di dapur anda.

Anda bisa menyesuaikan jumlah bumbu dasar dengan jenis masakan yang paling sering sering anda buat.

Misalnya anda sering memasak ayam rica-rica atau balado, anda bisa menyetok bumbu dasar merah dengan jumlah yang lebih banyak dibanding bumbu dasar lainnya.

3. Cuci dan potong sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas

Demi mempersingkat waktu memasak, cuci langsung sayuran yang ada dan memasukannya ke dalam kulkas setelah kering.

Untuk sayuran yang bisa disimpan lama seperti wortel atau labu siam, potonglah sayuran tersebut sebelum disimpan. Sehingga dapat langsung digunakan ketika akan dimasak.

4. Masak dalam porsi kecil

Kebanyakan masyarakat memasak dalam porsi banyak agar makanan bisa disimpan dan dihangatkan kembali.

Sebenarnya tak masalah jika memiliki banyak waktu luang untuk memasak. Tapi jika waktu untuk memasak terbatas, ada baiknya memasak dalam porsi kecil atau sekali makan.

Memasak dalam porsi banyak akan membuat makanan lama matangnya, sehingga tidak akan efektif bagi seorang ibu yang dikejar oleh waktu.

5. Cari resep masakan yang simpel dan cepat

Jika tidak punya waktu untuk menyiapkan tips-tips di atas, sebagai ibu rumah tangga yang sibuk tetap masih bisa memasak kok.

Cara menyiasatinya yaitu dengan memilih menu-menu praktis yang gampang dan cepat matang seperti aneka tumisan seperti ayam kalio khas padang, ayam goreng ala restoran, aneka sayur-sayuran yang bersaus seperti mangga udang saus salad, dan aneka sajian rumahan simpel seperti sayur sop, sayur lodeh terong, dan lain sebagainya.